Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN – Keberadaan makam ulama besar asal Yaman, Habib Husein bin Abubakar bin Abdullah Alaydrus di Masjid Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, menjadi destinasi ziarah bagi umat Muslim.

Sekretaris Masjid Sulaiman Syah alias Herman (47) mengatakan pengunjung malahan kebanyakan berasal dari luar Jakarta atau luar Pulau Jawa.

Selain pengunjung dari luar Pulau Jawa, Herman mengungkapkan Masjid Luar Batang sering dikunjungi pejabat-pejabat Indonesia.

Peziarah membaca Alquran di makam Habib Husein bin Abubakar bin Abdullah Alaydrus di kompleks Masjid Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (17/5/2018). TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

Baca: Sejak Berdiri, Sebagian Besar Interior Masjid Luar Batang Tetap Dipertahankan

Baca: Dua Versi Mengiringi Muasal Masjid Luar Batang di Penjaringan

Baca: Sekilas Kisah Masjid Luar Batang, Jejak Sejarah di Pesisir Utara Jakarta

“Yang pertama zaman Presiden Soeharto itu Wakil Presiden Adam Malik. Terusnya yang kedua Gus Dur pernah tarawih di sini. Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah ke sini,” ungkap Herman kepada TribunJakarta.com pada Rabu (16/5/2018).

“Terusnya pejabat-pejabat yang lainnya banyak yang datang ke sini kayak dulu Kapolri Timur Pradopo, terusnya menteri-menteri juga sering datang ke sini kayak Muhaimin Iskandar, Yusril Ihza Mahendra,” sambung dia.

Bahkan, seorang mantan perdana menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi juga pernah datang ke masjid yang sejarahnya sudah bermula sejak abad ke-18 ini.

Para pejabat yang disebutkan Herman berkunjung ke Masjid Luar Batang untuk berziarah dan salat di sana.

Masjid Luar Batang memiliki total sekira 8.000 meter persegi dan bisa menampung lima ribu orang.

sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here